Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Membuat Motor Agar Tidak Boros Bahan Bakar

AnharMedia.my.id - Mempunyai motor yang tidak boros adalah dambaan semua orang, ketika sudah mempunyai motor tentu anda sangat terbantu  ketika berangkat beraktifitas. 

Menggunakan motor dirasa lebih efektif dan efisien jika di bandingkan dengan menggunakan mobil, selain itu perawatan motor lebih terjangkau bila dibandingkan dengan perawatan pada mobil. Namun ada hal yang membuat pemilik motor harus mengeluarkan biaya extra mahal. 

Hal itu adalah borosnya bahan bakar pada motor yang anda miliki, tentu saja ini membuat biaya lebih mahal ketika harus mengisi bahan bakar motor anda lebih sering. Agar bahan bakar tidak boros anda dapat mengikuti tips berikut ini.

Tips Membuat Motor Agar Tidak Boros Bahan Bakar

1.  Rutin Membersihkan Karburator
 
bersihkan karburator
Rutin membersihkan karburator
Rutin membersihkan karburator bisa menjadi langkah pertama untuk menghemat bahan bakar, karburator yang kotor bisa membuat motor menjadi tersendat sehingga pembakaran di dalam ruang bakar menjadi tidak optimal, itulah yang menyebabkan bahan bakar menjadi boros. 

Untuk membersihkannya anda bisa melakukannya sendiri dengan cara melepas karburator lalu membersih kan bagaian dalam karburator, namun jika anda tidak mempunyai pengetahuan yang cukup anda bisa membawanya ke bengkel.

2.  Rutin Mengganti Oli Mesin
 
oli mesin
Rutin mengganti oli
Mengganti oli mesin secara berkala bisa menjadi langkah selanjutnya agar bahan bakar motor anda tidak boros, oli mesin berfungsi untuk melumasi dan melindungi komponen mesin dari aus.

Ketika oli mesin sudah kotor tentu membuat fungsi pelumasan menjadi tidak maksimal. Ketika pelumasan tidak berjalan maksimal selain komponen mesin cepat aus juga membuat kinerja mesin menjadi berat.

Dengan kondisi seperti itu membuat asupan bahan bakar yang dibutuhkan menjadi lebih banyak.
Itulah yang membuat bahan bakar pada motor anda menjadi boros.

3.  Rutin Memeriksa Tekanan Angin
 
memeriksa tekanan angin
Memeriksa tekanan angin
Hal lain yang membuat bahan bakar menjadi boros adalah kurang nya tekanan angin pada ban motor anda. Rutin memeriksa tekanan angin bisa membuat motor anda lebih irit bila tekanan pada ban kurang bisa membuat roda berputar lebih berat.

Sehingga motor anda berjalan lebih lambat, sehingga membutuh kan asupan bahan bakar yang lebih banyak.Itulah yang menyebabkan motor anda menjadi lebih boros.

4.  Menghindari Jalan Macet
 
menghindari jalan macet
Menghindari jalan macet
Ketika bepergian tentunya anda ingin agar cepat sampai tujuan. Dengan begitu anda bisa menghemat waktu serta bisa menghemat bahan bakar dan waktu .

Namun apa jadinya jika jalan yang anda lewati macet panjang, tentu saja hal ini membuat anda kehilangan waktu serta bisa stres di jalan akibat macet, selain itu konsumsi bahan bakar juga menjadi lebih banyak.

Itulah salah satu yang membuat bahan bakar pada mesin anda menjadi boros, oleh karena itu hindari jalur yang berpotensi menimbulkan kemacetan dalam berkendara. 

Sebagai penutup jika ada saran maupun kritik atau tips yang lain dapat menuliskannya pada kolom komentar dengan bahasa yang santun tentunya.
 
Itulah tips yang dapat anda terapkan agar bahan bakar pada motor anda tidak boros. Semoga artikel sederhana ini dapat berguna dan bermanfaat untuk semua.

Posting Komentar untuk "Tips Membuat Motor Agar Tidak Boros Bahan Bakar"