Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Memilih Semangka Yang Manis Dan Segar

10 Cara Memilih Semangka Yang Manis Dan Segar

tips milih semangka manis
Foto: Pixabay.com
AnharMedia.my.id - Siang hari yang terik dan panas banyak orang yang mencari sesuatu yang segar dan manis. Selain minum es anda juga dapat memilih makan buah semangka.
 
Buah semngka banyak dijual ditepi jalan hingga di Supermarket modern, rasanya yang segar banyak orang yang menyukai buah ini, apalagi harganya juga tidak mahal-mahal amat, kecuali anda belinya kemahalan hee,,,hee,,.

Nah agar anda tidak salah dalam memilih saat membeli buah semangka. Yuk kita bahas caranya satu demi satu.

10 Cara  Memilih Semangka yang Manis dan Segar

1. Tangkainya Kering

Ciri ini dapat dengan mudah di lihat ,karena semangka memiliki tangkai di bagaian atas ,Cara ini dapat di pakai untuk memilih semangka yang manis dan segar. 

Tangkai yang telah kering menandakan semangka telah matang, Sebaliknya jika tangkai masih hijau kemungkinan besar semangka di panen lebih awal,sehingga belum matang saat di pohon.
2. Amati Bentuk Semangka
Hayo... milih semangka yang mana, kamu suka semangka yang bulat apa yang lonjong. Apapun pilihan kamu yang penting, tidak saling mencela satu sama lain, dan yang terpenting kamu dapat menikmati kesegaran buah semangka dengan orang yang tercinta .

3. Tanda Kulit Kecoklatan

Ketika kita sedang memilih semangka, seringkali kita menemukan kulit kecoklatan pada semangka. 
jika menemukan semangka jenis ini banyak diantara kita yang mengembalikan dan memilih semangka yang kulitnya mulus.

Sebetulnya banyak orang yang tidak menyadari bahwa semangka dengan jenis ini dagingnya sangat enak dan manis.

4. Bercak Kekuningan Pada Kulit

Banyak pembeli semangka yang salah paham ketika memilih buah semangka, sebagaian orang beranggapan bahwa semangka yang manis adalah dengan memilih semangka yang berkulit hijau tua. 
 
Mereka beranggapan semakin tua warna kulit semangka, maka itulah semangka yang matang, padahal tanda semangka yang manis adalah yang dikulit nya ada bercak warna kekuningan.

Kulit berwarna kuning ini menandakan bahwa semangka matang diatas tanah ya guys,,ingat ,bercak tersebut harus warna kuning bukan yang lain apalagi warna warni kayak pelangi he..he..he...
 
tips milih semangka manis
Foto: Pixabay.com
5. Ukuran Besar atau Kecil Bukan Jaminan Rasa Manis

Dalam membeli semangka apakah anda sering memilih semangka yang terbesar, Dengan harapan mendapatkan semangka yang manis ???

Apabila iya maka mulai saat ini tinggalkan kebiasaan itu, karena besar kecil nya ukuran tidak ada hubungannya dengan rasa manis buah semangka.

Sebaiknya pilihlah semangka yang ukurannya sewajarnya saja, ingat ya,, besar kecilnya ukuran tidak menjamin rasa manis, walaupun cara ini tidak menjamin, namun tidak ada salahnya untuk dicoba.

6.  Pilih Semangka Dengan Garis Hijau Tua

Garis pada kulit semangka yang berwarna hijau tua ,Merupakan tanda bahwa daging semangka  berwarna merah dan manis.

Selain melihat kulit semangka terdapat bercak kuning atau tidak anda juga dapat mencermati garis pada semangka.

Ciri ciri semangka matang dapat diliat dari kulit semangka, semakin gelap dan tajam warna pada kulit rasanya semakin segar.

7. Pukul Pukul Buah Semangka 

Hahh... Memukul buah semangka ,,,? emang kurang kerjaan ya,,,tentu saja tidak, Ini adalah salah satu cara untuk mendapat kan buah semangka yang berkualitas.

Ketika memukul semangka dan suaranya tidak terlalu nyaring tandanya semangka tersebut memiliki kadar air yang banyak.

Sedangkan ketika dipukul semangka berbunyi nyaring menandakan semangka tersebut masih muda dan rasanya hambar.
 
8.  Jangan Pilih Semangka Berkulit Putih
 
Mengapa semangka berkulit putih tidak boleh dipilih,,,,? karena menandakan selama proses penanaman semangka ini tidak mendapatkan cahaya matahari yang cukup.
 
Kemungkinan semangka belum cukup matang dan keburu dipanen, semangka yang belum sepenuhnya matang tidak akan memberikan rasa yang manis walaupun kandungan air di dalamnya cukup tinggi.

Lalu semangka yang manis yang bagaimana? tentu saja yang berkulit kuning karena menandakan memiliki kematangan yang baik.

9.  Pilihlah Semangka Yang Kulitnya Tidak Layu
 
Semangka yang baik dapat dilihat dari kulit nya yang masih segar,Semakin lama semangka yang sudah dipetik dan tidak segera di konsumsi,lama kelamaan kulitnya akan melayu.
 
Dan rasa daging nya jadi tidak segar, biasa nya semangka jenis ini banyak di temui di kios atau lapak yang jarang di kunjungi pembeli.

Lama kelamaan akan membusuk dan menjadi tidak layak untuk di konsumsi.Jika anda menemukan semangka jenis ini jangan dibeli ya...
 
10.   Semangka Sample Bukan Jaminan

Pada saat ingin membeli  buah semangka dipasar, Tidak jarang kita melihat buah semangka yang telah di iris oleh penjual untuk di jadikan contoh. 
 
Warnanya merah merekah, tanpa biji membuat yang melihat menelan ludah, lalu apa sih tujuannya tentu saja untuk menarik pembeli agar membeli semangka yang dijual.
 
Kalau sample semangkanya kualitasnya baik. Apakah semangka yang dijual kualitasnya juga Istimewa? Tentu saja jawabnya belum tentu.
 
Oleh karena itu mulai saat ini jangan jangan mudah tergiur oleh display yang di pajang oleh penjual buah semangka, karena cara itu merupakan strategi untuk menarik pembeli.
 
Nah itu tadi Tips dan Trik dalam memilih buah semangka yang manis dan segar, agar tidak salah pilih dan menyesal ketika sudah membeli semangka.
 
Semoga cara ini dapat berguna dan bermanfaat dalam membantu dalam membeli semangka agar mendapatkan pilihan yang berkualitas dan semangka bermutu tinggi.
 
Sebagai penutup jika ada saran dan kritik anda dapat menuliskannya pada kolom komentar.

Posting Komentar untuk "10 Cara Memilih Semangka Yang Manis Dan Segar "